Senin, 21 Mei 2012

Topologi Jaringan


Topologi Jaringan
Topologi jaringan merupakan gambaran bagaimana satu komputer dengan komputer lainnya terhubung satu sama lain. Pada jaringan modern,topologi yang banyak di pakai antara lain :
-Topologi Bus
Dengan topologi ini komputer dihubungkan secara berantai(daisy-chain) Pada topologi ini suatu kabel digunakan sebagai perangkat koneksi. Umumnya berupa kabel tunggal jenis koaksial.Ujuang-ujung dari kabel koaksial ini harus ditutup dengan tahanan (termination resistor) untuk menghidari pantulan yang dapat menimbulkan gangguan yang menyebabkan kemacetan jaringan.Ujung kabel yang terhubung ke komputer menggunakan konektor BNC.Sementara pada setiap network adapter (LAN Card) di pasang konektor BNC tipe T yang bercabang.Kabel koaksial tersebut kemudian dihubungkan satu dengan yang lainnya dengan menggunakan konektor ini.
Topologi ini mudah dipasang dan murah. Namun bila terjadi sesuatu terhadap salah satu komputer,maka komputer lainnya kemungkinan akan terganggu. Kecepatan yang bias dicapai pun sangat terbatas yaitu 10  Mbps(Megabit per second).
-Topologi Bintang (Star)
Topologi Star menggunakan sebuah hub/switch.Semua komputer dihubungkan ke hub/switch tersebut. Dalam sebuah jaringan,hub/switch ini berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dari komputer dan meneruskannya ke semua.
Komputer yang berhubungan dengan hub/switch tersebut.Jaringan dengan menggunakan topologi ini lebih mahal dan cukup sulit pemasangannya. Namun,lantaransetiap komputer mempunyai kabel sendiri-sendiri,mencari kesalahan pada jaringan akan jauh lebih mudah disbanding tipe bus. Pada tipe kabel yang digunakan biasanya dari tipe UTP CAT-5 (category 5).
-Topologi Star-bus(tree)
Topologi star-bus adalah topologi gabungan antara star dan bus. Topologi ini yang paling banyak dipakai pada jaringan kantor atau jaringan yang sifatnya yang lebih besar dengan komputer. Komputer-komputer dihubungkan ke hub/switch sementara hub/switch tersebut kemudian dihubungkan dengan hub/switch yang lainnya.
-Topologi Lingkaran(Ring)
Topologi ini mirip topologi bus. Hanyasaja,ujung-ujungnya saling berhubungan sehingga seakan-akan membentuk sebuah lingkaran. Topologi ring ini di perkenalkan oleh IBM untuk mendukung protocol token ring yang diciptakan IBM.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar