Senin, 21 Mei 2012

PENGENALAN TCP/IP


PENGENALAN TCP/IP
Model Referensi DOD
(Department of defense)
                Model referensi klasik OSI (Open System Interconnection) mempunyai 7 lapisan (layer) dan merupakan referensi yang sangat lengkap dan sempurna serta mencakup semua tentan sistem jaringan. Bila ingin memahami secara lebih jelas dan detail silahkan baca buku tentang networking dan TCP/IP.
Network Access/Physical layer
                Bertanggung jawab mengirim dan menerima data ked an dari media fisik. Media fisiknya dapat berupa kabel,serat optic,gelombang radio (wireless). Protokol pada layer ini harus mampu menerjemahkan sinyal listrik menjadi data digital yang dimengerti komputer.
Internet/Physical Protocol
                Protocol yang berada pada layer ini bertanggung jawab dalam proses pengiriman paket (data) ke alamat yang tepat dan tanpa kerusakan.
Transport/Logical Protocol
                Protocol ini bertanggung jawab untuk mengadakan komunikasi (hubungan) antara dua host(komputer)
Process/Aplication Layer
                Pada layer ini terletak semua aplikasi yang menggunakan protocol TCP/IP
TCP dan UDP
                TCP/IP adalah standar umum yang dipakai untuk menghubungkan antar peralatan jaringan dan juga merupakan dasar dari komunikasi data. Data biasanya dipecah menjadi beberapa bagian atau paket,paket data dipecah dalam jumlah yang sesuai dengan besaran paket,kemudian dikirim satu persatu hingga selesai. Setiap paket menyertakan nomor seri/urut (sequence number) dan pada remote komputer (penerima) mengurutkan kembali paket-paket tersebut untuk kemudian mengirimkan sinyal ACK (acknowledge) pada setiap paket yang diterima. Bila pada waktu tertentu pengirim tidak menerima sinyal ACK,pengiriman paket dianggap gagal dan harus diulangi kembali.
Ada  jenis mekanisme transport yang paling popular digunakan dalam internet yaitu TCP(Transmission Control Protocol (TCP) dan user datagram protocol (UDP). Lalu bagaimana komputer penerima mengetahui paket yang dikirim untuk program aplikasi apa? Diantara paket IP selalu berisi potongan informasi di dalam header yang disebut tipe field. Tipe field inilah yang menginformasikan komputer penerima,jenis data,TCP,atau UDP yang dikirim. Komputer penerima melakukan pengecekan pada header tersebut,apakah data yang dikirim TCP atau UDP dan port mana yang digunakan untuk kemudian menentukan program aplikasi mana yang akan memproses data tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar