Senin, 21 Mei 2012

Pengenalan Konsep Wireless LAN


Pengenalan Konsep Wireless LAN

Prinsip dasar pada jaringan Wireless LAN (WLAN) pada dasarnya sama saja dengan jaringan yang menggunakan Ethernet card,perbedaan yang utama adalah pada media transmisinya,yaitu melalui udara dengan memanfaatkan gelombang radio. Sedangkan pada jaringan Ethernet card menggunakan media transmisi melalui kabel.
Access Point(AP) pada WLAN berfungsi mirip seperti sebuah hub atau switch. Tanpa menggunakan access point,peralatan wireless(komputer yang mempunyai wireless adapter) hanya dapat berkomukasi secara point to point(2 komputer atau lebih). Dalam jaringan yang menggunakan kabel,tipe point to point ini mirip dengan sistem jaringan kabel tanpa hub atau yang biasa disebut cross link.
Secara sederhana,dalam sebuah sistem WLAN,access point akan mengeluarkan sinyal(code) SSID(Service Set Identification) dalam radius tertentu. Sementara,agar semua komputer yang masih dalam jangkauan access point dapat terhubung di dalam jaringan wireless harus mengisi SSID yang sama seperti yang dikeluarkan oleh access point tersebut. Dengan begitu masing-masing komputer maupun perangkat akan terhubung dalam suatu jaringan berbasis wireless.
Selanjutnya,tidak hanya SSID yang wajib diisi oleh masing-masing perangkat. Untuk mencapai keamanan yang lebih tinggi,semua perangkat wireless sekarang ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang harus diisi agar dapat terkoneksi dengan access point seperti MAC address(Medium Access Control),WEP(Wired Equivalent Privacy), dan lain-lain. Tujuan dari pemberian fitur-fitur tambahan ini agar seleksi koneksi dapat dibatasi sehingga tidak semua orang tidak dengan mudahnya  masuk ke dalam jaringan.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar