Minggu, 17 April 2011

Tugas softskill 6

tugas softskill ke 6

1 .jelaskan unsur dasar wawasan nusantara?
Jawab :
Wawasan Nusantara adalah cara pandang Bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat, laut dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya dan Pertahanan Keamanan.
- Wadah
• Wujud wilayah : Batas ruang lingkup wilayah nusantara di tentukan oleh lautan yang di dalam nya terdapat gugusan ribuan pulau yang saling di hubungkan oleh perairan. Oleh karena itu nusantara di batasi oleh lautan dan daratan serta di hubungkan oleh perairan di dalamnya.
• Tata Inti Organisasi : bagi Indonesia, tata inti organisasi negara di dasarkan pada UUD 1945 yang menyangkut bentuk dan kedaulatan negara kekuasaan pemerintah, sistem pemerintah, dan sistem perwakilan.
• Tata kelengkapan Organisasi : kesadaran politik dan kesadaran bernegara yang harus di miliki oleh rakyat.
- Isi
Adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang terdapat pada pembukaaan UUD 1945.
- Tata Laku
Merupakan dasar interaksi antara wadah dengan isi, yang terdiri dari tata laku batiniah dan lahiriah.
Tata laku Batiniah mencerminkan jiwa, semangat dan mentalitas bangsa Indonesia.
Tata laku Lahiriah merupakan kekuatan yang utuh, dalam arti kemanunggalan.

2. Sebutkan asas wawasan nusantara?

Asas Wawasan Nusantara
Merupakan ketentuan-ketentuan dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara dan diciptakan agar terwujud demi tetap taat dan setianya komponen/unsur pembentuk bangsa Indonesia(suku/golongan) terhadap kesepakatan (commitment) bersama. Asas wasantara terdiri dari:
1. Kepentingan/Tujuan yang sama
2. Keadilan
3. Kejujuran
4. Solidaritas
5. Kerjasama
6. Kesetiaan terhadap kesepakatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar